Perlukah datang di PB 2010 ???

13 Oct 2010

Seorang blogger kondang sudah mengajak kita berpikir untuk memaknai pesta blogger 2010 dengan makna yang sebenarnya. Pesta blogger adalah pestanya rakyat blogger dan bukan pestanya para raja, ratu atau golongan elite ningrat blogger.

Para blogger ada yang terhenyak mendapat sentilan dari salah satu blogger kondang itu. Beberapa menyikapinya dengan santun dan beberapa menyikapinya dengan penuh semangat, baik untuk tetap hadir maupun untuk tidak mau hadir di acara PB 2010.

PB 2008 di Kementrian Ristek sangat berkesan buatku. Aku ketemu dan kenalan dengan banyak blogger, baik yang muda usia maupun yang sudah tidak muda lagi tapi tetap dengan semangat blogger yang menyala-nyala. Sejak saat itulah aku selalu kemana-mana berdua dengan sahabat sehidup seCikarang, mas Amril TG.

Disitu juga aku kenal dengan mas Iwan yang membawa dua ratus kartu nama dan habis tanpa sisa. Masih kuingat pesan dari mas Iwan, “Blogger sebaiknya mulai berpikir dengan konten, karena konten adalah raja. Meriahnya acara ini akan jadi sirna kalau konten terus menurun dan terjebak pada keinginan untuk hura-hura saja”.

Aku menulis dua artikel untuk mengabadikan acara itu. Judulnya oleh-oleh PB 2008 dan Setelah Euforia PB 2008.

Aku sangat berharap pelaksanaan PB 2009 bisa lebih baik dari PB 2008 yang sudah cukup meriah. Akupun mulai membangun komunitas Blogger Cikarang, tentu bersama dengan biang Blogger Cikarang sekaliogus anggota panitia PB 2009/2010, mas Amril TG. Hasilnya blogger Cikarang diundang pada acara PB 2009 tanpa perlu beli tiket.

Berama-ramai kita berangkat menuju lokasi PB 2009 digelar. Suasana yang meriah sangat terasa ketika kita bertemu dengan para blogger dari kota lain. Mereka memang terlihat sebagai komunitas yang jauh lebih mapan dibanding Blogger Cikarang. Aku sengaja membawa Lilo untuk menghadiri acara ini. Aku ingin mengenalkan dunia blogger pada Lilo yang saat itu baru menulis beberapa artikel di blognya.

Acara yang dihadiri oleh banyak blogger ini sangat meriah di awal, namun menjadi berkurang meriahnya karena jeleknya sound system ruangan. Meski begitu, dari beberapa komentar kawan-kawan, baik lewat blog maupun secara lisan, banyak yang menganggap acara PB 2009 ini cukup berhasil. Tentu saja ada beberapa orang yang memnganggap acara ini kurang berhasil.

Pagi tadi aku termenung sendiri. PB 2010 sudah di depan mata dan aku sama sekali belum kepikiran untuk menghadirinya, dengan berbagai alasan

  1. Ada jadwal yang belum tentu bisa digeser ke acara PB 2010.
  2. Blogger Cikarang tidak diundang lagi di PB 2010.
  3. Blogger Bekasi belum bergerak untuk menggalang anggotanya agar ikut bergerak menyukseskan PB 2010.
  4. Kurangnya gaung PB 2010 di lingkunganku.
  5. Gagalnya aku menggeser acara agar bisa hadir di PB 2010 Jogya.
  6. Belum fahamnya aku akan tema yang diangkat oleh PB 2010.
  7. dan hal-hal lain yang tidak bisa ditulis disini.

Dalam ketermenungan, aku baca kembali surat undangan dari mbak Veronika untuk menghadiri acara PB 2010. Akupun sempat menulis tentang topik yang akan dibahas oleh mbak Veronika yaitu tentang Mobilizer (beta).

Tangankupun tetap asyik menari-nari di atas tombol ponsel, meskipun tetap sambil termenung. Akhirnya sampailah aku pada ajakan membuat tema BeBlog untuk memeriahkan acara PB 2010. Semuanya tiba-tiba mengalir begitu saja. Tanganku langsung menulis surel di topik persiapan Blogger Bekasi.

“Blog http://miesehati.com/ menyumbang biaya pembuatan banner untuk BeBlog dalam rangka memeriahkan acara PB 2010″

Akupun ikut membahas tema apa yang akan diangkat oleh dua kelompok garis keras di Beblog, kelompok Sebuai dan Ibote. Inilah dua kekuatan raksasa yang ada di Blogegr Bekasi. Merekalah nafas dari beBlog, merekalah yang akan mewarnai semua langkah BeBlog di ajang PB 2010 ini.

Akhirnya muncul sebuah usulan tema yang sangat menarik, “Menembus tapal batas,membuka jendela dunia, go Open Source“. Itulah hasil kolaborasi dari Sebuai dan Ibote. Lalu ? Apakah tema ini yang akan diusung oleh BeBlog?

Jawabannya belum tentu, karena masih ada ruh BeBlog yang belum menyatukan pendapat. Mereka adalah para penasihat BeBlog dan pengurus inti BeBlog. Kita lihat saja hasil kesepakatan mereka dalam waktu dekat ini.

peserta

Tanpa terasa, aku juga sudah mencatatkan namaku di situs PB 2010 sebagai peserta. Soal datang atau tidak urusan nanti sajalah. yang penting daftar dulu.

Malam ini aku kembali termenung. Sebenarnya perlu atau tidak sih datang di acara PB 2010?

pb-2010


TAGS blogger pesta pb2010 datangkah?


-

Author

Follow Me