Duh tabrakan KA lagi, gaji masinis perlu naik nih….

28 Jan 2011

Beberapa kasus kecelakaan KA di Indonesia sering menempatkan para masinis kereta atau para penjaga palang pintu yang menjadi terdakwa utama. Kalau mereka boleh mengeluh, mungkin mereka akan mengeluhkan gaji mereka yang di atas sepuluh, maksudnya di atas tanggal sepuluh sudah kembang kempis.

Berita TV One hari ini menyiarkan tabrakan KA antara KA Mutiara Selatan dengan KA Kuto Jaya. Para penumpang dilaporkan menyelamatkan diri dengan membongkar paksa pintu jendela kereta api. Dilaporkan juga ada 3 (tiga) orang meninggal, sementara di Detik dot com dikabarkan hanya dua orang yang meninggal. hasil pastinya tentu sebentar saat lagi kita akan tahu semua.

Seperti biasa nanti akan kita dengar berita tentang penyebab kecelakaan ini. Tidak akan jauh-jauh dari “human error” yang dilakukan oleh masinis atau penjaga palang pintu.

Kejadian tabrakan ini terjadi pada hari Jumat, 28 Januari 2011, sekitar pukul 2.30 wib waktu Banjar, Jawa Barat.

KA Mutiara Selatan (jurusan Surabaya - Bandung) menabrak KA Kutojaya (Bandung - Kutoarjo)

Kita sering berharap semoga ini adalah kecelakaan KA terakhir di bumi Indonesia, tetapi pada kenyatannya selalu saja ada kecelakaan lagi. Pasti ada sistem yang salah di perkereta-apian kita, tinggal apakah kita mampu mencari penyebab masalahnya dan menyelesaikannya.

Pasti banyak ahli kecelakaan KA di negeri kita ini dan kita yakin mereka pasti juga sudah menemukan tindakan pencegahannya. masalahnya, mungkin tindakan pencegahan itu kurang populis, sehingga tidak dilaksanakan atau dilaksanakan setengah-setengah, sehingga kecelakaan tetap saja terjadi.

Semoga Tuhan menyadarkan par apemberi keputusan di negeri ini.

Amin.


TAGS tabrakan ka kuto jaya mutiara selatan kereta api


-

Author

Follow Me