• 6

    Jul

    Memulai Wirausaha Mie Ayam Sehati

    Penulis teraktif dan Penulis Tamu Kompasiana Pertanyaan yang sering diajukan oleh para peminat usaha Mie Ayam adalah bagaimana cara menjadi pengusaha Mie Ayam dan berapa modal yang harus dikeluarkan oleh mereka? Pertanyaan itu pulalah yang muncul ketika para petinggi BeBlog mengunjungi gerai Mie Ayam Sehati di Cikarang, setelah mereka melakukan kunjungan ke salah satu Penasehat BeBlog, mas Amril TG. Mereka yang berkunjung ke Mie Sehati adalah Om Jay (penasehat BeBlog), mas Aris (Ketua BeBlog), mas Irfan (admin BeBlog) dan pak Rawi (Humas BeBlog yang baru saja menerima beberapa penghargaan nasional melalui TDA Pusat dan kementrian UKM). Sebenarnya akan lebih lengkap lagi kalau mas Vavai (admin BeBlog yang lain) ikut acara ini. Saat mereka memasuki gerai Mie Ayam Sehati ini saat itula
  • 16

    May

    Ketemu Gudeg Yang Cocok

    Setelah sekian kali mencari, akhirnya bertemu juga kita dengan Gudeg Yogya yang bisa diandalkan untuk sarapan pagi. Larisnya bukan main dan akibatnya jalan yang harusnya dipakai untuk jalan orang terpaksa jadi ajang untuk menyantap gudeg ini. “Kalau cari Gudeg, coba cari penjual gudeg yang paling laris, pasti rasanya enak”, begitu kata kawanku ketika aku menyampaikan bahwa di Jababeka susah mencari Gudeg yang sesuai seleraku. Pernah suatu kali aku beli di dua tempat yang kuanggap laris. Tenryata rasanya masih jauh dari yang kuharapkan. Lucunya, saat aku nongkrong ke warung yang kubeli, ternyata warung satunya itu pemiliknya adalah warung yang satunya lagi. Pantes saja rasanya sama-sama gak nendang. Sebagai orang Yogya, aku dari kecil memang sudah terbiasa makan gudeg, sehi
  • 13

    May

    Soto Jababeka II : Hanya Buka di Hari Libur

    Berkali-kali nyobain Soto Kudus, aku selalu harus kembali ke Soto Kudus Bu Noor. Rasa lezatnya belum bisa tertandingi oleh Soto Kudus lainnya yang bertebaran di Jababeka dan sekitarnya. Ini adalah Soto Kudus yang hanya buka di pasar Festival Jababeka II dan khusus pada hari libur. Jadi kalau nyari di hari tidak libur alias hari kerja, maka pasti tidak ketemu. Porsi soto ini tidak membuat kenyang kalau kita pesan 1 mangkok saja, sehingga kalau mau kenyang terpaksa makan dua mangkok. Mungkin ini adalah salah satu rumus yang dipakai oleh Bu Noor untuk membuat dagangannya laris. Saat masih di pasar kaget Jababeka lama, mobil yang dipakai oleh Bu Noor untuk menjajakan sotonya masih model lama, tapi saat pindah di Pasar Festival Jababeka II yang baru, maka mobilnya sudah berganti wajah.
  • 29

    Apr

    Iklan GRATIS di Detik

    “Iklan FREE di Detik!“, begitu kalimat yang kubaca di imil masuk pada milis Tangan Di Atas. Ah, mana ada yang gratis kalau berhubungan dengan portal terbesar di Nusantara ini. Aku segera membaca imil yang lain, maklum ada ratusan imil yang belum kubaca pagi ini. Sayangnya judul imil dari mas Ejune ini sangat menggoda, sehingga akhirnya kuikuti langkah-langkah yang ada di imil itu. Saat siang hari dalam perjalanan ke Puncak, aku dapat imil dari detik yang mengabarkan bahwa Gerai Mie Ayam SEHATI sudah masuk dalam portal detik. Begini bunyi imil yang kudapat. +++ Dear Eko Sutrisno HP Terimakasih untuk materi iklan yang telah Anda kirimkan. Iklan Anda sudah kami proses dan tayang perhari ini selama seminggu di lokasi Jakarta mulai (29 April 2010 - 5 Mei 2010). Berikut link
  • 21

    Mar

    Mie SEHATI vs Bakso Super

    Bakso Super akhirnya buka cabang juga di Cikarang dan hari ini aku berkunjung ke warung itu untuk Benchmarking dengan sesama warung yang berlokasi di Cikarang. Pemilik warung ini adalah mang Ato yang sering memberikan pelatihan APH (Action, Pikir dan Hitung). Tentu akan sangat bermanfaat kalau bisa ngobrol di acara pembukaan warung Baksonya. “Meja kursi ini baru saja kita beli tadi malam, jadi kita tidak sempat ikut kumpul-kumpul di Mie SEHATI bareng dengan kawan-kawan Cimart“, begitu awal cerita mang Ato. “Bagaimana bisnis Mie SEHATI-nya? Lancar kan?” Kami terus berbasa-basi sebelum akhirnya membahas tentang trend bisnis warung yang biasanya mengalami pasang surut dan bagaimana kita berbuat saat pasang atau surut itu datang. “Saat bulan ke tiga atau ke
  • 1

    Feb

    Gudeg 'n Sekaten

    Pagi-pagi menembus dinginnya udara alun-alun utara, aku menuju ke warung gudeg Slamet. Tadinya sih mau ke Gudeg Juminten, tapi hari ini baru pingin yang tidak semanis Juminten. Gudeg Bu Slamet memang lebih manis dari Gudeg mbarek, tapi tidak semanis juminten, jadi jika ada yang punya selera seperti itu, maka pilihlah Gudeg Slamet. Biarpun sudah sepuh, sang penjual tetep awas meracik bumbu dan menghitung duit [pasti donk] Mau tidak mau, dari malioboro menuju Wijilan pasti ketemu alun-alun utara, jadi terlihatlah alun-alun yang sudah tertutup ratusan kios. Hmm …. sekaten sudah dimulai. Jadi inget, tahun 70an, aku jualan pisang sale di sekaten. Yang jualan tidak hanya aku, tapi saudaraku, anaknya pak dhe dan juga tidak hanya satu pak dhe, tapi beberapa pak dhe. Aku inget, wa
  • 30

    Dec

    D"Cost Mutu B5 Harga K5

    Sudah lama aku dan teman-teman berlangganan makan di D’Cost, warung makan bersuasana mewah dengan motto [?] “Mutu Bintang Lima dan Harga Kaki Lima”. Warung makan ini ada di berbagai tempat, baik di Jakarta [langgananku sih di Kelapa Gading], Bekasi maupun di Tangerang. Begitu datang kita sudah disambut senyum ramah para penerima tamu, diarahkan ke meja yang cocok dan kemudian seseorang akan menanyakan pesanan kita begitu kita sudah menerima menu dari mereka. Pesanan kita langsung mereka catat di PDA dan kemudian langsung di print [via wireless?], sehingga beberapa saat kemudian hasil printnya sudah ditempel di meja kita [untuk pengecekan kelengkapan jumlah pesanan]. Ketika keluargaku dapat berkumpul semua, maka merekapun kuajak ke warung ini. Jangan sampai kita serin
  • 1

    Dec

    Lomba Masak [Bapak vs Ibu]

    Setelah beberapa kali ditunda, akhirnya acara lomba masak antar ortu berlangsung juga. Hal ini terjadi karena kegigihan anak-anak “memaksa” ibunya untuk ikut acara ini. Ibunya ogah-ogahan karena baru saja masak kare [versi lengkap], kok terus diajak lomba masak nasgor. “Lha siapa yang mau makan kareku, kalau semuanya nanti makan nasgor?” Dengan wajah sedikit menunjukkan perlunya lomba masak, maka akhirnya anak-anak berhasil memaksa ortunya untuk tetap mengadakan lomba yang sudah berkali-kali tertunda ini. Suasana memang kurang kondusif. Apalagi pasanganku sedang asyik mbaca Donald bebek. Wah, pasti nggak bisa konsentrasi mbantu masak nih. Apalagi “lawan” tandingku mulai melancarkan psywar tentang kekompakan bapak dan anak laki-lakinya. Alhamdulillah
  • 30

    Nov

    Kursus Masak

    Hari ini seharusnya ada lomba masak nasi goreng antar ortu di rumah. Isteriku dibantu anak nomor dua, sedangkan aku dibantu anak nomer tiga dan yurinya anak mbarep. Jadi bapak berpasangan sama anak laki-laki dan ibu sama anak perempuan. Lomba yang sedianya diadakan malam minggu kemarin, diundur menjadi Minggu pagi, hari ini. Sayangnya, pagi ini pembantu gak datang, sehingga acara kembali berubah. Kita mulai Minggu pagi dengan acara nyupir [nyuci piring] sendiri, kemudian menata ulang ruang tamu, karena akan ada banyak tamu di pagi ini untuk acara belajar masak gratis yang dikomandoi oleh istriku. Begitu sofa mulai digeser, maka terlihatlah kotoran yang sudah menumpuk di bawah sofa, sehingga perlu sedikit effort untuk membersihkannya. Jam 9.30 sang koki sudah datang, dan beberapa saat k
  • 25

    Nov

    Seafood MuMeR [murah meriah]

    Kenapa ada restoran cepat saji? Ya karena sudah lapar dan pingin segera makan . Sayangnya yang dijual kebanyakan adalah makanan sampah alias “junk food”. Mau makanan bukan sampah tapi [relatif] cepat saji? Jawabnya ya di warung Seafood Jababeka, yang merupakan cabang dari Seafood 68 Nasi Uduk Jl Raya Jatinegara Timur. Aku sih memang tidak sempat nanya darimana mereka dapat ikan segar, tapi cukuplah lidahku yang mengecap kelezatan masakan mereka. Yang bikin aku senang di warung ini, selain karena rasanya yang memang membuat lidah bergoyang-goyang, adalah kecekatan mereka melayani pesanan yang masuk. Seperti sebuah tim sepak bola menyerang yang memakai sistem totalfootball, maka mereka saling berganti peran, mengisi peran teman mereka yang [mungkin] sedang mengerjakan
- Next

Author

Follow Me