• 19

    Sep

    Teater Stemka 30 tahun lampau

    Beberapa hari lalu, aku menerima notifikasi bahwa aku sudah di”tag” di sebuah ganbar. Setelah itu, kembali muncul notifikasi kalau ada gambar lain yang ada aku di dalamnya. Akhirnya akupun meluncur ke gambar itu dan ….. Wow! Ada gambar jadul di tampilan monitorku. Gambarnya masih hitam putih dan diambil sekitar 30 tahun lampau. Kalau tidak salah itu adalah gambarku ketika sedang latihan teater dan pada malam harinya kita hibur para penduduk desa dengan dagelan mataraman. Inilah dagelan khas Jogja yang mungkin sudah banyak yang tidak pernah menyaksikan lagi karena dianggap terlalu kuno dan tidak masuk akal (memangnya dagelan bisa masuk akal?). Kalau tidak salah ingat ada beberapa naskah yang kita mainkan, minimal ada dua yaitu TSMA (Tuan Saya Minta Air) dan Robot Bon
  • 31

    Dec

    Panggilan dari Merapi

    Meski bukan Jakarta, tapi hari-hari ini jalan menuju ke Kinahrejo Merapi dipastikan selalu dalam kondisi macet parah. Kemacetan jalan menuju Kinahrejo memang selalu terjadi akhir-akhir ini, terutama di hari libur. Jadi kalau mau aman harus berani berangkat pagi-pagi dan sampai di Kinahrejo saat fajar menyingsing. Bila mengambil waktu yang sedikit lebih siang, maka bisa dipastikan akan terjebak kemacetan panjang. Saat ini pemerintah melarang siapapun untuk merayakan pergantian tahun baru di Kinahrejo dan sekitarnya. Dalam radius sekitar 9-10 km dari Merapi disterilkan dari segala macam acara menyambut pergantian tahun baru. Inilah Jumat terakhir di tahun 2010 jadi banyak sekali acara yang dibuat di Yogyakarta. Terlihat semua sudut sudah menyiapkan diri untuk menyambut acara pergantian
  • 29

    Dec

    Berburu Kolam Renang di Yogya

    Ketika Lilo terluka saat berenang di salah satu kolam renang yang ada di Yogya, maka aku berusaha untuk mencari alternatif kolam renang yang lain. “Renang di kolam renang yang kemarin gak papa pak. Ayo renang pak….”, pinta Lilo. “Hmm…aku cari tempat renang yang lebih baik dulu ya” “Jangan kelamaan nyarinya pak” “Gak ah. Besok Rabu kit arenang deh. Bapak janji. Bapak kan bapak baik dan bukan bapak jahat, jadi insya Allah kita renang hari Rabu nanti” “Ajak Om Totok ya pak…” “Kenapa harus sama Om Totok?” “Gak enak kalau renang sama bapak saja” “Kamu gak suka sama aku?” “Suka..suka pak..tapi ajak Om Totok ya. Ajak Titan juga. Kan bapak suka sama Titan?” “
  • 22

    Sep

    Ciuman Mesra Anak SMP

    Sudah dari tadi aku menunggu keluarnya Erika dari kelasnya, tapi tidak juga keluar. Aku sudah agak bosan menunggu di sudut jalan yang kotor ini. Sampah yang berserakan dan lalat yang beterbangan di sekitarku membuat penantian ini seperti sebuah siksaan yang tak bertepi. “Ahh.. kalau di lagu sih enak, menunggu kekasih sampai malu sama semut merah, lha ini gak ada semut merahnya, adanya malah lalat ijo”, batinku menggerutu melihat situasi yang makin tidak kondusif. Untunglah segera terlihat Erika yang seperti biasa menenteng tas punggung di bahu kanannya. Senyumku langsung mengembang dan semua capek menunggu ini seperti tak terasa lagi. Dunia seperti berhenti berputar dan matahari terasa sangat hangat di sore ini. Cahaya matahari yang lembut menimpa rambut emas Erika yang pa
  • 21

    Sep

    Gerakan SEO Positip Anak SMP yang sukses

    Sebulan setelah gerakan moral memberantas keyword anak SMP dari tulisan cabul, asusila yang bertebaran di internet dilakukan, maka saat ini hasilnya sudah mulai terlihat. Kita sudah boleh sedikit bernafas lebih lega. Ini seperti sebuah tantangan moral bagi para blogger untuk menunjukkan kesaktian mereka dalam rangka melindungi anak-anak SMP dari berita yang tidak mendukung perkembangan kepribadian mereka. Labilnya anak SMP akan menjadi semakin labil jika mereka melihat isi yang ditampilkan mesin pencari saat mengetikkan paduan kata anak SMP. Sampai berpuluh-puluh halaman mesin pencari dipenuhi dengan berita yang tidak senonoh tentang anak SMP. Pasti ibu-ibu yang mempunyai anak yang masih SMP akan terenyuh melihatnya. Apalagi jika anaknya adalah anak cewek, bisa semakin stres para orang t
  • 16

    May

    Guyonan (buat) Sri Mulyan(t)i

    Ini guyonan lama, yang sumbernya entah darimana, kemudian masuk ke inboxku. Kulihat guyonan ini dipelintir sedikit agar cocok dengan mbak Sri Mulyan(t)i. Hendaknya disikapi sebagai guyonan politik yang membuat kita jadi bisa merasa lepas membacanya. Silahkan dinikmati : First day of school in an American high school in Washington DC. The teacher introduces the new kid, Suzuki Yamaguchi from Japan to the rest of the class. As the class start, the teacher says: “Let’s start with a small quiz in American history”. Who said “Freedom or death?” Suddenly silence and only Suzuki raises his hand: “Patrick Henry, 1775. in Philadelphia.” “Very good Suzuki”. And who said: “The nation is it’s people and as such can never die?”
  • 9

    Feb

    SBY sebaiknya santai saja

    “Din, sekarang demonya aneh-aneh ya. Ada yang bawa Kerbau tuh”, Khalid mengawali pembicaraan pagi itu di warung mie ayam samping pabrik. “Hehehe…Kerbau bagi masyarakat Minang adalah lambang Kemenangan atau Kedigdayaan, jadi para pendemo itu ingin agar setelah demo, maka pemerintah menjadi bertambah Jaya, Makmur dan aman sentausa…” “Ah…kamu ini ngawur saja Din. Darimana kamu punya pendapat seperti itu? Bukannya kerbau itu lambang kebodohan, kalau sapi, itu baru lambang kepintaran?” “Aku juga cuma denger dari TiPi tadi malem kok. Katanya sih Minangkabau itu dari kata Kerbau yang menang. Yah intinya kita berbaik sangka sajalah sama mereka, baik para pendemo maupun mereka yang didemo” “Udah baca koran Tempo tentang o
  • 6

    Nov

    Buaya tak butuh Cicak

    “Buaya tak perlu dukungan Cicak. Cicak yang perlu Buaya !”, begitu kata seorang Buaya pada beberapa Cicak yang mengelilinginya. “Ingat mas Buaya, sampeyan jadi begini ini karena ada kontribusi dana dari kami para Cicak, kalau tidak darimana kamu dapat semua fasilitas itu?” “Nah terbukti kan, kalian yang perlu untuk membayarku bukan aku yang harus membayarmu. Kalian perlu aku untuk melindungi kalian. Jangan menye-menye begitu !” “Kalau semua Buaya arogan seperti sampeyan ya nama korps sampeyan akan hancur” “Kalian itu, para Cicak, kalau tidak tahu hukum itu jangan asal bersuara. Pikir dulu sebelum ngomong! Kalian ini para Cicak memang sukanya nyebar berita bohong kesana kemari” “Bukannya sampeyan yang harusnya mikir dulu
  • 15

    Jul

    Oo.. ketahuan OnLine

    Menjadi staf tentu bukan jabatan yang membuat kita bisa melakukan apa saja di suatu perusahaan besar. Nelpon lokal saja susah apalagi mau main internet. Mimpi ‘kali ye…!:-) Meski begitu niat untuk online ini sudah tidak terbendung lagi. Waktu tahun 90an bacaan buku-buku internet belum banyak beredar, sehingga hanya bisa didapat melalui artikel di koran atau majalah. Tentu saja ulasannya tidak bisa detil, karena yang mengulas juga mungkin belum faham betul tentang internet. Celakanya, semua orang sudah terlanjur menganggapku sebagai seorang yang ahli internet. “Melek” teknologi, begitu kata mereka. Padahal aku sendiri masih bingung setengah mati tentang internet. Tidak tanggung-tanggung, pak Direktur yang ada di Jakartapun menganggapku sebagai pemuda yang sangat &
  • 15

    Jul

    Narsisku KumAT

    Akhirnya aku bisa mengikuti jejak mas Alam, yaitu mendapat penghargaan dari Kompasiana sebagai salah satu Pemenang Laporan Pilpres 2009 Berhadiah.Tulisan yang memenangkan penghargaan itu kutulis di Kompasiana dan di blog pribadiku. Tulisan itu termotivasi dari tulisan sebelumnya yang dipuji oleh Kang Pepih, seorang wartawan senior di Kompasiana. Tulisan yang dipuji oleh Kang Pepih itu kutulis di Kompasiana dan juga di blog pribadiku. Aku memang menulis banyak tentang persiapan pemilu ini, dari mulai persiapan pileg sampai pelaksanaan pilpres. Silahkan disimak di link bawah ini : Demam Pemilu 25 Desember dan Pemilu 2009 Kebersamaan Warga Montana Menjelang Pemilu Akhirnya selesai juga Pemilu ini Yuk kita kawal PILPRES dengan baik Kalau yang berbau politik kusendirikan. Silahkan dib
- Next

Author

Follow Me