• 29

    Jun

    Dua Srikandi di ajang Pilpres 2014 : SMI vs MI

    “Din, siapa sih calonmu di pilpres 2014 nanti?”, ucap Khalid sambil membaca berita di Koran. “Bukannya terlalu dini ngomongin pilpres 2014?”, jawab Udin sambil membolak-mbalik halaman koran olah raga yang dibacanya. “Hehehe…tinggal beberapa tahun sih 2014? Sudah didepan mata mas. Partai politik juga sudah mulai menjalankan misi rahasia masing-masing untuk mencitrakan calon masing-masing” “Hmm…..” “Lihat saja berita-berita di mas media. Sudah mulai muncul kecenderungan menokohkan seseorang atau peran partai terhadap suatu isue hangat” “Gitu ya?” “Iya mas. Saat ini negara kita sedang krisis kepemimpinan. Para wakil rakyat sudah susah dipercaya lagi demikian juga hati para pemimpin kita sudah tid
  • 16

    May

    Guyonan (buat) Sri Mulyan(t)i

    Ini guyonan lama, yang sumbernya entah darimana, kemudian masuk ke inboxku. Kulihat guyonan ini dipelintir sedikit agar cocok dengan mbak Sri Mulyan(t)i. Hendaknya disikapi sebagai guyonan politik yang membuat kita jadi bisa merasa lepas membacanya. Silahkan dinikmati : First day of school in an American high school in Washington DC. The teacher introduces the new kid, Suzuki Yamaguchi from Japan to the rest of the class. As the class start, the teacher says: “Let’s start with a small quiz in American history”. Who said “Freedom or death?” Suddenly silence and only Suzuki raises his hand: “Patrick Henry, 1775. in Philadelphia.” “Very good Suzuki”. And who said: “The nation is it’s people and as such can never die?”
  • 9

    Feb

    SBY sebaiknya santai saja

    “Din, sekarang demonya aneh-aneh ya. Ada yang bawa Kerbau tuh”, Khalid mengawali pembicaraan pagi itu di warung mie ayam samping pabrik. “Hehehe…Kerbau bagi masyarakat Minang adalah lambang Kemenangan atau Kedigdayaan, jadi para pendemo itu ingin agar setelah demo, maka pemerintah menjadi bertambah Jaya, Makmur dan aman sentausa…” “Ah…kamu ini ngawur saja Din. Darimana kamu punya pendapat seperti itu? Bukannya kerbau itu lambang kebodohan, kalau sapi, itu baru lambang kepintaran?” “Aku juga cuma denger dari TiPi tadi malem kok. Katanya sih Minangkabau itu dari kata Kerbau yang menang. Yah intinya kita berbaik sangka sajalah sama mereka, baik para pendemo maupun mereka yang didemo” “Udah baca koran Tempo tentang o
  • 9

    Jul

    Indonesia Memilih

    indonesia memilih dari website kompas Hasil pilihan rakyat Indonesia sampai hari ini, Kamis 9 Juli 2009 adalah sebagai berikut : MP : 26,57 %, SB : 60,84% dan JW : 12,60% Begitu yang terlihat pada hasil QC Lembaga Survei Indonesia. DI TPS 23, tempat aku bertugas sebagai anggota KPPS, perolehan SBY juga berkisar angkanya pada kepala 6. rekap indonesia memilih Blog yang kumaksud bukan yang di wordpress, tapi yang ada di http://eshape.blogspot.com/ [mohon maaf narsis lagi kumat] Aku tidak tahu pasti, ini anugerah atau musibah. Kita hanya akan tahu setelah hitungan selesai dan angka yang muncul adalah angka yang benar dan bukan angka “ecek-ecek” seperti terlihat di atas. Yang kudambakan hanya satu. Apa itu? “Yang kalah tidak protes dan tetap menunjukkan kebesaran
  • 12

    Apr

    Skenario Pilpres

    Membaca skenario pilpres versi pak Dhe RDP, aku sangat terkesan dengan model tulisannya. Disamping ditulis dengan bahasa yang enak, gambar-gambarnya juga sangat informatif. Bagiku sih, masyarakat akan sangat antusias mengikuti pilpres 2009 ini. Beberapa hal menjadi alasan mengapa kubilang pilpres akan lebih bergairah dibanding pilcaleg kemarin. Silahkan simak di bawah ini. 1. Banyak yang tidak bisa mencontreng di pemilu kemarin dan mereka diijinkan untuk mencontreng di acara pilpres. 2. Banyak yang tadinya tidak mencontreng karena tidak kenal dengan caleg atau sebal dengan ulah caleg, sekarang mereka jelas tahu harus memilih capres yang mana, karena pilihan capres sudah cukup jelas. 3. Pelajaran pemilu 2009 yang baru saja dilaksanakan pasti akan membuat panitia, para pemilih maupun peser
  • 30

    Mar

    Kampanye Anak SD

    Ketika sedang nulis di kompie, anakku [LiLo 8 tahun] “nggemblok” punggungku dan bertanya,”Bapak nanti milih apa?” “Maksudmu?”, kataku minta penjelasan arah pertanyaan. “Itu lho pak, pemilu!” “Oooo… belum tahu. Mungkin PAN, PKS atau mungkin ……….”, belum selesai aku menjawab LiLo sudah memotong, “Pilih Demokrat saja pak. eSBeYe!”, katanya semangat, sambil melepaskan pelukannya padaku. “… nanti kita nggak perlu mbayar pajak !”, LiLo melanjutkan kampanyenya “..ha…???” aku ternganga [apa bener ya?] “… BBM turun 3x..”, terus saja LiLo nyerocos sambil melakukan gerakan tangan naik turun, menirukan iklan di TiVi ‘kali. Wah, kok anak-ana
  • 24

    Mar

    Tolong Pilihkan AKu Caleg

    Pak Dhe terlihat suntuk berpikir di Minggu sore ini. Biasanya pak Dhe selalu cerah ceria, tapi sore ini dia kok manggil Udin, orang yang selalu jauh dari serius untuk diajak berdiskusi. “Gini Din”, kata Pak Dhe. “Saat aku masih aktif kampanye dan aktif kegiatan di Masjid, aku punya anak buah yang luar biasa setianya terhadap partai maupun masjid”, pak Dhe terdiam sebentar. “Nah sekarang sudah dekat hari pencontrengan, aku mau menentukan pilihanku. Aku mau pilih dia saja, soalnya sekarang dia keluar dari pekerjaannya dan siap jadi caleg”, lanjut pak Dhe. “Terus apa masalahnya pak Dhe?”, Udin bertanya hati-hati, tidak terlihat sifat urakannya, karena memang sebenarnya Udin adalah seorang humoris yang bisa serius bila menghadapi masalah pel
  • 19

    Mar

    Pemilu 2009 akan menjadi pemilu terheboh

    Ini benar-benar pesta rakyat yang paling meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya. Bagaimana tidak, aku yang jadi sekretaris KPPS saja belum tahu bagaimana cara melaksanakan pemilu, apalagi masyarakat awam. Belum ada petunjuk untuk bekerja sebagai sekretaris KPPS [Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara] dan sampai saat ini aku juga belum yakin apa aku bisa “nyontreng” nantinya. Pengalaman pemilihan Bupati yang lalu, aku gak dapet surat suara, sehingga tidak bisa milih, padahal aku sudah dua tahun menjadi penduduk disini. Sebagai warga negara yang baik, aku selalu langsung ganti KTP begitu pindah tugas, namun itu belum dianggap cukup untuk syarat memilih bupati, sehingga aku jadi GOLPUT [karena tidak diberi surat suara]. Kudengar ada protes dari berbagai lapisan masyarakat,
  • 19

    Mar

    Persatuan Artis Nasional [PAN]

    Tadi malem, ketika sedang nulis di FB, gak sengaja dengerin acara TiPi tentang caleg artis. Pertanyaannya [kira-kira] begini,”Sebenarnya yang untung itu artis yang masuk partai atau partai yang dimasukin artis ya?” “Wah itu begini jawabannya, partai untung dimasukin artis dan artis untung masuk ke partai, jadi dua-duanya untung. Terjadi hubungan yang saling menguntungkan di antara partai dan artis” Pada sesi tanya jawab, muncul pertanyaan berhubungan dengan pernyataan di atas. “Jadi yang saling untung adalah partai dan artis ya?” Diem sejenak. “Lalu kapan rakyatnya untung?” Suasana langsung riuh…… Kemudian ada pernyataan begini,”Artis itu kurang bisa mempunyai empati pada rakyat” Kehidupan sehari-hari mereka m
  • 2

    Mar

    Senyuman buat Deddy Mizwar

    “Dul, lu jadi milih Bang Deddy?” “Jelas donk, siapa lagi yang bisa dipilih bang?” “Kenapa sih milih bang Deddy?” “Yah.. abang ini. Selama ini kita sudah sering milih aktor politik yang hanya bisa bikin janji tapi giliran ngasih bukti, he..he..he.. dia malah ngomong yang lain. Cape’ deh…” “Emang kalau bang Deddy bisa ngasih bukti?” “Lho, aktor poltik aja udah nggak bisa ngasih janji apalagi aktor beneran, ya lebih banyak janjinya donK. Ha…ha..ha..ha…” Berderailah tawa para pemuda yang nongkrong di kantin itu. Pembicaraan tentang politik memang hampir selalu mewarnai suasana makan siang di kantin. Apapun topik obrolannya, akhirnya masuk juga ke ranah politik. Karena yang terlibat dalam obro
- Next

Author

Follow Me