• 15

    Dec

    Antisipasi Banjir Lahar Dingin

    Apa kata pakar Geologi tentang perlunya ntisipasi banjir lahar dingin? ” Hendaknya masyarakat desa yang tinggal di bantaran sungai selalu memperhatikan semua informasi yang disampaikan perangkat desa atau tokoh masyarakat. Kemudian mengumpulkan semua anggota keluarga lansia, wanita, anak-anak untuk mulai menuju titik tumpul.” “Selalu perhatikan komando dari ketua kelompok, tetap tenang dan siaga,” Ahli geologi yang lain berkata. “… masyarakat hendaknya terus selalau waspada, karena saat ini sangat sulit memastikan kapan bencana lahar dingin ini akan berakhir selama musim penghujan masih akan terus berlangsung hingga bulan februari atau Maret 2011.” “Hujan yang turun di lereng adalah pemicu adanya lahar dingin. Masyarakat diminta untuk me
  • 7

    Nov

    Terima kasih pak EsBeYe

    “…Dprkirakan letusan merapi brikut’y mngeluarkan gas bracun yg prsebran’y akn smp k kota Jgja,dhrap wrga mmakai msker yg sdkit bsah krn air mntralkan rcun….” “…nfo PENTING bg yg ada djogja tlg WASPADA dan ttp SIAGA,mulai nnti skitar jm 8-10 mlm,dperkirakan akn ada gempa, jd tlg jgn ddlm rmh. Sumber BMG yogya. Sebarkan…. del..” SMS itu masuk ke hape istriku dan juga beberapa nomor hape mereka yang tinggal di Jogya. Tentu bisa diperkirakan akibatnya. Meskipun di SMS itu disebutkan juga agar tidak panik, tetapi dengan pemberitaan seperti itu tentu bagi masyarakat awam langsung menjadi panik. Belum lagi berita sebelumnya yang mengatakan bahwa air sudah melewati tanggul kali Code. Dua orang gadis yang tinggal di rumahku dan juga par
  • 9

    Feb

    SBY sebaiknya santai saja

    “Din, sekarang demonya aneh-aneh ya. Ada yang bawa Kerbau tuh”, Khalid mengawali pembicaraan pagi itu di warung mie ayam samping pabrik. “Hehehe…Kerbau bagi masyarakat Minang adalah lambang Kemenangan atau Kedigdayaan, jadi para pendemo itu ingin agar setelah demo, maka pemerintah menjadi bertambah Jaya, Makmur dan aman sentausa…” “Ah…kamu ini ngawur saja Din. Darimana kamu punya pendapat seperti itu? Bukannya kerbau itu lambang kebodohan, kalau sapi, itu baru lambang kepintaran?” “Aku juga cuma denger dari TiPi tadi malem kok. Katanya sih Minangkabau itu dari kata Kerbau yang menang. Yah intinya kita berbaik sangka sajalah sama mereka, baik para pendemo maupun mereka yang didemo” “Udah baca koran Tempo tentang o
  • 18

    Apr

    SBY : ...diturunkan...diturunkan.....

    “Pak, kesini sebentar”, kata anak SD-ku Lilo, ketika aku sedang menulis blog. “Hmmm…”, aku hanya menggumam “Sini pak…. sebentar aja….. sini pak…”, anakku terus meminta “Duduk disini pak”, terus meminta nih LiLo dengan memelas, sehingga akhirnya aku berdiri dari kursiku, mendekati LiLo yang sedang menonton TiVi “Tunggu sebentar ya pak….. bentar lagi”, kata LiLo sambil memperhatikan layar TiVi. Kulihat tayangan TiVi tidak ada yang menarik, tapi kok LiLo memintaku melihat layar TiVi ya? “Nah itu pak, nomor 31 dapat 20,5 persen”, Lilo kegirangan ketika di layar bawah TV muncul perolehan angka PD. LiLopun bergaya bak pendukung fanatik PD,”…diturunkan…diturunkan….&
  • 15

    Apr

    Pidato Kenegaraan MW [seandainya]

    Setelah selesai acara gosip ria di kediamanku, maka akupun membuat pidato bersejarah di depan PS, Wir, dan elit politik lainnya. “KIta telah banyak belajar dari sejarah pemilihan umum di negara kita” “….” “Kita juga belajar dari negara tetangga, baik yang dekat maupun yang jauh. Kita juga adalah negarawan besar yang mampu melihat kepentingan rakyat di atas kepentingan golongan” “…….” “Mari kita dukung PD sebagai pemenang pemilu kali ini. Terlepas dari kinerja KPU yang sama-sama kita tahu sangat amburadul, maka itu bukan suatu alasan untuk tidak mendukung ataupun memberi selamat pada pemenang pemilu ini” “…..” “Bagaimanapun PD adalah partai teman kita, partai saudara kita. Mereka ada
  • 15

    Apr

    JK : bukan matahari kembar lagi

    Saat ini kalau mau survive, JK harus merapat ke SBY lagi. Apapun resikonya, maka koalisi dengan PD tentu lebih menguntungkan, karena golkar memang tidak terbiasa dengan posisi sebagai oposan. Alternatif untuk maju sebagai capres agak sulit dilakukan, karena PDIP, Hanura maupun Gerindra akan lebih susah diajak kerja sama. Mau mendukung MW sebagai capres dan bersedia jadi cawapresnya, tentu kurang menarik dari padangan kubu JK. Yang menarik adalah “ancaman” dari PKS yang memilih “berpikir” lagi bila PD menggandeng JK sebagai cawapres. Dari kubu SBY sendiri saat ini suasana sedang senang-senangnya. Posisi tawar yang begitu tinggi membuat SBY akan dengan mudah meminta JK untuk melepaskan jubah matahari kembarnya, jika ingin berkoalisi dengan PD. PAN sudah jelas 
  • 12

    Apr

    Skenario Pilpres

    Membaca skenario pilpres versi pak Dhe RDP, aku sangat terkesan dengan model tulisannya. Disamping ditulis dengan bahasa yang enak, gambar-gambarnya juga sangat informatif. Bagiku sih, masyarakat akan sangat antusias mengikuti pilpres 2009 ini. Beberapa hal menjadi alasan mengapa kubilang pilpres akan lebih bergairah dibanding pilcaleg kemarin. Silahkan simak di bawah ini. 1. Banyak yang tidak bisa mencontreng di pemilu kemarin dan mereka diijinkan untuk mencontreng di acara pilpres. 2. Banyak yang tadinya tidak mencontreng karena tidak kenal dengan caleg atau sebal dengan ulah caleg, sekarang mereka jelas tahu harus memilih capres yang mana, karena pilihan capres sudah cukup jelas. 3. Pelajaran pemilu 2009 yang baru saja dilaksanakan pasti akan membuat panitia, para pemilih maupun peser
  • 30

    Mar

    Kampanye Anak SD

    Ketika sedang nulis di kompie, anakku [LiLo 8 tahun] “nggemblok” punggungku dan bertanya,”Bapak nanti milih apa?” “Maksudmu?”, kataku minta penjelasan arah pertanyaan. “Itu lho pak, pemilu!” “Oooo… belum tahu. Mungkin PAN, PKS atau mungkin ……….”, belum selesai aku menjawab LiLo sudah memotong, “Pilih Demokrat saja pak. eSBeYe!”, katanya semangat, sambil melepaskan pelukannya padaku. “… nanti kita nggak perlu mbayar pajak !”, LiLo melanjutkan kampanyenya “..ha…???” aku ternganga [apa bener ya?] “… BBM turun 3x..”, terus saja LiLo nyerocos sambil melakukan gerakan tangan naik turun, menirukan iklan di TiVi ‘kali. Wah, kok anak-ana
  • 21

    Nov

    Presiden 2009 : SBY [lagi???]

    Mendekati tahun 2009, gaung capres masih malu-malu terdengar. Sultan HB X, tidak pernah mengakui keinginannya untuk jadi Capres. Dia hanya bersedia untuk dicalonkan sebagai Capres. Demikianlah bahasa politiknya [kira-kira begitu ya...]. Orang Yogyapun terbelah, antara mendukung Sultan sebagai Capres atau mempertahankan Sultan sebagai pengayom di Yogya. Capres yang sudah yakin akan kekuatannya memang sudah mencanangkan diri, maju sebagai Capres. Megawati, misalnya, sudah pasti mengajukan dirinya sebagai Capres dengan PDI P sebagai kendaraannya. Golkar belum tegas mau mencalonkan siapa sebagai Capresnya. Golkar masih “wait and see”, sementara partai Demokrat dipastikan akan mengajukan SBY sebagai capresnya. Kelihatannya ada keraguan dari Golkar untuk mendukung kadernya [Su
-

Author

Follow Me